7 Kebiasaan Tidak Membuat Anda Kaya yang Harus Dihindari - Menjadi kaya raya merupakan impian semua manusia di muka bumi. Adalah rahasia umum bahwa untuk menjadi kaya, orang-orang perlu melakukan kerja keras, berhemat, rajin menabung dan investasi secara bijak. Semua strategi itu terdengar mudah, namun susah untuk diterapkan akibat pola pikir dan kebiasaan yang buruk.
7 Kebiasaan Tidak Membuat Anda Kaya yang Harus Dihindari
7 Kebiasaan Tidak Membuat Anda Kaya yang Harus Dihindari 

Mengapa seseorang susah kaya meski sudah mengikuti semua rahasia para orang sukses, kondisi finansial masih memburuk dan hidup penuh kekurangan? Coba berdiri depan cermin dan ingat kembali semua tindakan buruk selama menjalani kehidupan sehari-hari. Sebenarnya ada beberapa ciri kebiasaan buruk yang menyebabkan Anda menjadi tidak segera kaya dan perlu segera dihilangkan. Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Malas Menggali Potensi

Profesi menentukan kesuksesan hidup. Banyak 'orang sukses' menekuni profesi di bidang favorit seperti farmasi, teknologi dan keuangan. Semakin tinggi jabatan dalam bidang tersebut, maka gaji semakin besar. Oleh karena itu, pilih jurusan menjanjikan atau bidang yang disukai ketika mendaftar kuliah di perguruan tinggi.

Jika sudah lama lulus dan bekerja di bidang tertentu, tingkatkan terus kemampuan dengan ikut kursus yang menunjang hobi untuk dijadikan sumber uang tambahan. Banyak orang meraih sukses yang justru berawal dari hobi, oleh karena itu jangan malas menggali potensi diri. Saat mulai memperoleh pendapatan dari hobi, mulai kembangkan sebagai sebuah bisnis yang mempunyai prospek cerah.

2. Malas Menabung dan Berinvestasi

Sifat malas untuk menyisihkan uang ke rekening tabungan dapat berdampak buruk di masa depan. Mulai menabung sekarang juga sebelum menyesal kemudian hari. Tentukan nominal uang yang akan ditabung setiap bulan. Jika masih ada sisa pendapatan usai memenuhi pengeluaran bulanan, memperoleh bonus atau hadiah berupa uang, segera setor ke rekening tabungan.

Saat kita memiliki pendapatan (meskipun kecil) penting bagi kita untuk melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan kita dengan cara menabung atau berinvestasi. Ada banyak manfaat yang akan kembali pada diri kita masing-masing. Tidak salah jika pepatah mengatakan “menabung pangkal kaya.”

3. Gaya Hidup Mewah

Hidup boros untuk mengejar gaya hidup mewah mengakibatkan pengeluaran lebih besar ketimbang pendapatan. Seseorang bisa terlilit utang jika kebiasaan buruk itu terus dipertahankan. Oleh karena itu, jalani hidup secara normal tanpa mengikuti tren di luar kemampuan finansial. Pola hidup bermewah-mewah akan menghasilkan manusia-manusia yang ingin bebas dan puas menuruti hawa nafsunya yang tiada habisnya. Sehingga kemudian jiwa mereka tumbuh menjadi jiwa yang suka berbuat melampaui batas, menjadi jiwa yang melupakan bersyukur kepada Tuhan.

Jika ingin kaya, jalanilah hidup yang sederhana. Bahkan orang kaya tak pernah menganggap diri mereka makmur. Dengan menanam pola pikir seperti itu, maka lebih banyak uang bisa terselamatkan.

4. Gemar Berutang dan Menunda Pembayaran

Banyak orang hancur hidupnya akibat tumpukan utang. Oleh karena itu, hindari peminjaman uang untuk hal tak penting dan kurangi pemakaian kartu kredit. Jika sudah berutang, segera susun rencana pelunasan secepat mungkin agar tak terjebak beban bunga lebih besar.

Sayangnya, saat ini banyak orang yang menganggap remeh hal ini. Mereka merasa nyaman dengan adanya utang yang “melilit’ dirinya tanpa mereka sadari. Bahkan, sebagian dari mereka di dalam hidupnya tidak pernah sedetik pun ingin lepas dari utang tersebut. Mereka sering terjebak utang berkepanjangan yaitu sebelum lunas pinjaman yang pertama, maka dia ingin meminjam lagi untuk yang kedua, ketiga dan seterusnya.

5. Malas Mengatur dan Merencanakan Keuangan

Jangan malas mengatur keuangan, segera buat daftar pendapatan dan pengeluaran bulanan sehingga gampang menyusun rencana masa depan. Dengan mengetahui arah aliran uang, menyisihkan uang tabungan jadi terasa lebih mudah. Menyusun laporan keuangan juga membantu Anda mengetahui pos-pos tidak penting dan mengatasi kebiasaan buruk yang membebani finansial.

Rencana keuangan penting untuk dilakukan. Jika saat ini Anda memiliki banyak uang tapi tanpa memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka Anda akan cenderung menjadi boros dan menggunakan uang untuk banyak hal yang sebenarnya terkadang tidak penting atau bahkan tidak perlu sama sekali dan dana akan habis tanpa makna yang berarti untuk masa depan. Jadi siapkan rencana keuangan sekarang juga.

6. Mengabaikan Kesehatan

Kesehatan itu harta paling berharga, sayangnya banyak orang kurang menyadarinya. Biaya kesehatan menguras dompet dan tabungan, oleh karena itu jangan sampai jatuh sakit dan menjalani perawatan inap di rumah sakit. Mulai peduli dengan kesehatan, jauhi gaya hidup buruk seperti minum alkohol, merokok atau makan tak teratur.

Menjalani hidup sehat bisa menghemat biaya rumah sakit. Biaya besar yang dikeluarkan untuk berobat dapat dipangkas sehingga anda benar-benar bisa menikmati hidup Anda. Hidup sehat, pola hidup sehat, makan makanan sehat, berpikir sehat dan semua yang berhubungan dengan kesehatan pasti akan baik untuk Anda.

7. Tak Memiliki Tujuan Hidup


Seseorang tak punya tujuan hidup cenderung gagal dalam mengatur keuangan. Jika ingin kaya, buatlah tujuan utama yang ingin digapai. Banyak orang kaya meraih sukses lantaran memegang prinsip dan tujuan jelas, yakni adanya keinginan merubah nasib demi generasi penerus yang lebih baik.

Tahukah anda bahwa ternyata ada saja orang-orang yang tidak tahu tujuan hidupnya. Jenis orang ini biasanya kebingungan dan merasakan kehampaan dalam hidupnya. Jika diamati, ada 2 tipe orang yang tidak punya tujuan hidup yaitu:

Pencari Tujuan Hidup (Disoriented) yaitu orang yang tidak tahu jati dirinya, apa maunya sesungguhnya, dan apa perannya dalam masyarakat. Secara kesehariannya, mereka yang masuk dalam tipe ini hidup luntang-lantung tanpa tujuan serta bingung dan tidak tahu harus melakukan apa.

Pencapai Tujuan Hidup (Succeed) di mana saat mereka telah mencapai tujuan hidupnya dan merasa sukses, tak sedikit mereka jatuh dalam kebingungan dan kehampaan. Mereka berfikir semua sudah saya dapatkan, sekarang apa lagi yang harus saya perbuat? Sehingga mereka tetap saja bingung dan hampa hingga akhirnya melakukan pelampiasan yang ekstrim dan justru menyakiti diri mereka sendiri.

Maknai Hidup dengan Penuh Arti

Dengan mempelajari semua ciri kebiasaan yang tidak membuat anda kaya, maka akan ada jalan keluar untuk mengatasi permasalahan finansial yang tengah dialami. Jika Anda berhasil menghilangkan semuanya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menggapai tujuan akhir sebagai seseorang yang sukses dan telah memaknai hidupnya dengan sangat berarti.

Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: