10 Strategi Jitu Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan - Apakah Anda ingin memiliki lebih banyak uang, menjadi kaya dan sukses? Kalau sehari-hari kita hanya berandai-andai dan bertanya kepada diri sendiri kapan kita menjadi kaya, maka setidaknya mulai detik ini kita stop berandai-andai tanpa aksi nyata. Daripada kita hanya terus bermimpi, alangkah lebih baik lagi jika kita langsung saja praktek menuju impian tersebut. Artikel di bawah ini akan mengungkap fakta-fakta yang mengejutkan bahwa ternyata orang yang benar-benar telah sukses tersebut memiliki strategi-strategi jitu dalam hal keuangan untuk menjaga kesehatan keuangannya.
10 Strategi Jitu Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan
10 Strategi Jitu Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan 

Strategi ini merupakan peluang dan kabar baik bagi Anda atau siapapun juga yang ingin meniru dan mengaplikasikan strategi-strategi tersebut untuk selangkah lebih maju dalam mengelola keuangan. Berikut ini ulasannya.

1. Jangan Remehkan Pembelanjaan yang Sifatnya Kecil

Sudah sewajarnya kalau kebanyakan dari kita selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar entah itu untuk belanja atau pun berinvestasi. Namun, dalam berbelanja untuk hal-hal yang kecil kita cenderung ceroboh dan kurang hati-hati. Misalnya saja, tanpa disadari kita mengeluarkan uang untuk belanja hal-hal kecil, yang cenderung menjadikan kita boros. Inilah yang harus dihindari.

Kita sebaiknya sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Susan Lynn Orman atau yang lebih dikenal dengan Suze Orman, seorang penasihat keuangan asal Amerika yang juga terkenal sebagai host sebuah televisi. Beliau mengatakan bahwa “sebaiknya kita teliti terhadap apapun yang bisa kita hemat atas biaya apapun dan sekecil apapun. Jika terkumpul, itu bukanlah jumlah yang sedikit”.

2. Fokus ke Masa Depan

Memang sangatlah mudah mengeluarkan uang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, akan tetapi kita harus ingat bahwa suatu saat, jika hanya menuruti keinginan, sangat mungkin kita bisa habis-habisan dan tidak punya simpanan lagi. Maka dari itu, mulai sekarang yang terbaik adalah berusaha fokus untuk memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

Ingat apa yang dikatakan oleh Tennessee Williams, bahwa “Bisa saja sewaktu muda Anda hidup tanpa uang, akan tetapi Anda tidak akan bisa menjadi tua tanpa punya simpanan.”

3. Hindari Berbelanja Jika Hanya untuk Mendapatkan Pujian

Ingin mendapatkan pujian adalah naluri setiap manusia, akan tetapi jika sudah berlebihan maka itu bukanlah keputusan yang baik. Demikian juga ketika membelanjakan uang kita, jangan sampai itu ditujukan untuk gengsi belaka. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar anda perlukan.

Kembali lagi Suze Orman mengingatkan: “Berhentilah membeli hal-hal yang tidak Anda perlukan, yang notabene hanya untuk mengesankan kepada orang-orang akan sesuatu yang Anda sendiri tidak menyukainya”.

4. Selalu Memiliki Catatan Belanja

Kita sering mendengar istilah put things in black and white. Ini merupakan pembelajaran yang berharga jika di hubungkan dengan hal keuangan. Dalam hal keuangan kita harus mengerti tentang the inflows and the outflows antara pemasukan dan pengeluaran. Orang kaya selalu memiliki catatan dari mana uang mereka datang, dan akan ke mana uang mereka pergi.

“Sebuah rencana keuangan akan memberitahu Anda ke mana uang itu harus pergi, bukannya kemudian menanyakan ke mana uang saya setelah uang itu hilang” – John C. Maxwell.

5. Bekerja Keras

Tidak seperti anggapan orang pada umumnya bahwa pekerjaan orang kaya itu hanya bersenang-senang dan menikmati hidup, akan tetapi sebaliknya. Yang harus kita lihat kenyataannya adalah, para orang kaya selalu bekerja lebih keras dari pada orang pada umumnya, setidaknya selagi mereka masih dalam usia produktif.

Dalam strategi keuangan, hal yang perlu terus dilakukan adalah bagaimana caranya untuk selalu meningkatkan penghasilan. Dan ketika penghasilan sudah naik maka yang harus dilakukan adalah menambah porsi tabungan.

6. Menginvestasikan Tabungan dengan Bijak

Kita kadang kala mengabaikan sesuatu yang jumlahnya kecil. Hal ini harus kita sadari bahwa justru sesuatu yang kecil itu dapat berlipat ganda sehingga menjadi jumlah besar. Dalam memaksimalkan keuangan, investasi yang bijak merupakan cara yang sangat tepat. Menginvestasikan berapa pun jumlahnya untuk menabung di bank untuk mendapatkan bunga bisa menjadi solusi.

“Meskipun ada satu rupiah sekalipun yang sama-sama ditabungkan, mereka akan  semakin bertambah jumlahnya, dan di sinilah ada sesuatu nilai tambah yang kita dapatkan. Mungkin ini membutuhkan latihan dan pengalaman untuk menyempurnakan strategi agar memberikan imbal balik yang menguntungkan, akan tetapi sekali uang tersebut ditabung, Anda akan menemukan kepuasan tersendiri dalam menabungkan uang dengan cara rasional dari pada mengeluarkan untuk kebutuhan lain yang tidak rasional” – P. T. Barnum.

7. Kenali Nilai Barang dalam Berbelanja

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kenapa harus membeli barang dengan harga yang mahal sementara orang lain dapat membelinya dengan lebih murah. Dalam berbelanja, kenalilah nilai barang tersebut dan selalu tawarlah jika memungkinkan.

8. Selalu Ingat Rumus Miliarder

Kebanyakan orang selalu berfikir untuk menabung setelah mencukupi seluruh kebutuhan belanja. Para miliarder atau orang kaya sekalipun justru berpikir yang sebaliknya. Mereka berikan dahulu sebagian pendapatannya kepada orang yang membutuhkan, sebagian lagi untuk kebutuhan investasi atau menabung dan sisanya untuk dihabiskan.

Seperti kata Warren Buffet, salah seorang investor paling sukses di dunia, mengatakan bahwa “Jangan menyimpan apa yang tersisa setelah memperbelanjakan, akan tetapi belanjakanlah apa yang tersisa setelah melakukan simpanan”.

9. Cermat Terhadap Hal Kecil dengan Dampak Besar

Orang kaya selalu berusaha cermat untuk tidak membayar biaya-biaya yang tidak diperlukan. Mereka berhati-hati terhadap biaya atau biaya tambahan apapun dengan memikirkan apa yang bisa dihindari.

“Waspadalah terhadap biaya-biaya yang remeh; sebuah kebocoran kecil akan dapat menenggelamkan sekalipun kapal yang besar” – Benjamin Franklin.

10. Jangan Boros

Terakhir, inilah yang terkadang kita remehkan akan tetapi sangat manjur dalam membantu kondisi keuangan sekalipun untuk orang kaya. Ingat, bahwa hemat pangkal kaya dan sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Ini adalah prinsip menabung.

Siapa bilang bahwa orang kaya itu selalu boros dan menghambur-hamburkan uang? Justru sebaliknya dan karena itu mereka bisa tetap kaya. Mereka selalu menyimpan sebagian porsi dari pendapatannya. Jadi, semakin besar porsi tabungan Anda, maka akan semakin besar juga apa yang akan didapatkan. Prinsip inilah yang bisa membuat Anda tetap bisa untuk tidak boros.

“Tabung sepertiga dari pendapatanmu, gunakan hanya sepertiganya, dan amalkan sepertiganya lagi”, kata artis papan atas Angelina Jolie.

Kerja Keras akan Terbayar

Nah, semoga uraian strategi orang kaya dalam mengatur uang tersebut bisa menjadi inspirasi Anda untuk ikut sukses dalam mengelola kekayaan. Semua kerja keras kita akan terbayar sebagaimana mestinya, jadi tak perlu ragu untuk bersusah-susah di awal dan menemukan kesuksesan nantinya.

Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: